Sejarah

Sejarah berdirinya Madrasah Tsanawiyah Negeri Kembangsawit tentu tidak terlepas dengan sejarah berdirinya Pondok Pesantren “SUBULUL HUDA” Kembangsawit.

Adapun mengenai sejarah berdirinya Pesantren dan MTsN Kembangsawit mengalami beberapa periode antara lain :

  1. Periode Perintisan tahun 1910 – 1948 M
  2. Periode Pembangunan tahun 1948 – 1954 M
  3. Periode Pendirian tahun 1954 – 1959 M
  4. Periode Rehabilitasi tahun 1954 – …………..

Pada tahun 1910 M Kyai HASAN MUNADI mendirikan Langgar dengan tujuan untuk tempat sembahyang berjamaah dan beliau mempunyai salah satu putra yang bernama : K.H. MUFTI yang belajar di Pondok Ngarangan Ngawi, Pondok Tuh Buntung Madiun. Setelah tamat K.H. MUFTI pulang ke Kembangsawit.

Pada tahun 1932 menantu K.H.MUFTI yang bernama M.BASHORI mendirikan Madrasah Diniyah, kemudian pada tahun 1948 K.H.MUFTI bersama-sama tokoh masyarakat mendirikan Masjid. Diantara nama-nama tokoh masyarakat yaitu :

  1. K.H. Mufti
  2. K.H. Ahsani
  3. K.M. Bashori
  4. H.M. Noor
  5. H. Sholeh
  6. H. Yasin
  7. H. Imam Turmudi
  8. Carik Mukayat
  9. Imam Mukayat

Dalam pertumbuhan selanjutnya K.H. Mufti, K.H. Ahsani mendirikan Pondok sebagai cikal bakal santrinya mendatangkan 13 orang santri dari Pondok “Gedong Sari” Nglawak, Kertosono, Jawa Timur yang dipimpin oleh seorang santri bernama Munirul Ikhwan yang pada akhirnya menjadi Pondok Pesantren “Subulul Huda” Kembangsawit.

Pada tahun 1964 pendidikan yang menganut sistem klasikal di pondok disamakan mengikuti kurikulum pengajaran Departemen Agama RI atau disamakan dengan pendidikan umum P dan K. Setelah 4 tahun berjalan Madrasah mendapat perhatian dari Pemerintah, dan Pemerintah meminta kepada pimpinan pondok agar supaya Madrasah Tsanawiyah di Negerikan. Akhirnya kedua belah pihak antara pimpinan pondok (Kyai) dan pemerintah telah sepakat mulai tanggal 02 Pebruari 1968 Madrasah Tsanawiyah Tsalafiyah Syafiyah Kembangsawit menjadi Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (M.Ts.A.I.N). kemudian pada tahun 1985 menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kembangsawit Kebonsari Madiun. Selanjutnya berdasarkan KMA RI Nomor 673 Tahun 2016 tanggal 17 November 2016 MTsN Kembangsawit berubah nama menjadi MTsN 3 Madiun.